Menyusuri Aliran sungai

shares |

Lokasi Rafting Paling Menantang di Indonesia

1. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara


Selain menjamahi Bunaken, kamu juga wajib menjajal berarung jeram di Sungai Nimanga saat berkunjung ke Sulawesi Utara. Sungai yang terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara ini bakal memberikan pengalaman rafting yang seru dan berbeda. Sungai ini bisa kamu capai dengan menempuh perjalanan selama 3 jam dari Manado.
Tingkatan jeram sungai ini berada di grade 3 sampai 5, tapi di musim penghujan tingkat kesulitannya bisa mencapai grade 6. Makanya, sungai ini sering digunakan sebagai tempat latihan tim arung jeram. Untuk menyelesaikan rute, kamu harus menempuh waktu setidaknya 5 jam. Gak cuma berarung jeram, ada pula air terjun di sekitar sungai yang masing-masing memiliki ketinggian 70 meter dan 90 meter. Kalo beruntung, kamu juga bisa berpapasan dengan yaki, monyet khas Sulawesi, dan tarsius, satwa imut pemakan serangga yang bermata mirip burung hantu.

2. Sungai Alas, Nanggroe Aceh Darussalam

Aceh memiliki salah satu lokasi arung jeram yang menantang bernama Sungai Alas. Aliran sungai ini membelah Taman Nasional Gunung Leuser, NAD. Dengan grade 3-4, Sungai Alas gak cuma memiliki arus yang deras, tapi juga belokan-belokan tajam yang memacu adrenalin.
Kamu yang masih pemula bisa mengarungi Sungai Alas mulai dari Muarasitulan di Kota Kutacane sampai Kota Gelombang. Sementara kamu yang sudah lihai bisa menjajal rute mulai dari Angusan. Kamu akan disuguhi pemandangan alami yang indah di sepanjang sungai, bahkan bisa berpapasan dengan satwa liar yang sedang minum di tepi sungai.

3. Sungai Asahan, Sumatera Utara

Sungai Asahan yang terletak di Sumatera Utara ini adalah sungai yang menantang untuk berarung jeram. Tingkat kesulitan yang mencapai grade 4-5 membuat sungai ini sering dijadikan sebagai tempat pertandingan arung jeram tingkat nasional maupun internasional. Bahkan, Sungai Asahan disebut-sebut sebagai tempat berarung jeram terbaik ketiga di dunia, setelah Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat.











Sumber : https://www.hipwee.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar